Arsip

Posts Tagged ‘Sanata Dharma’

#18.. King TITRASI 2000

Juli 19, 2013 2 komentar

Keningku mengkerut, berusaha bercermin di layar si Aspire.. Mencoba nyari jawaban kenapa seminggu ini pikiranku cuma ke kota Gudeg.. Entah sedang kangen Jogja, kangen kampus, atau kangen mantan.. tapi memang topik coretanku sedang menggali apa saja yang kualami di kota Pelajar tersebut. Mulai dari cacar air, menjadi waria, dan.. sekarang teringat ospek fakultasku yang diberi istilah TITRASI.. Tiga Hari Temu Akrab Farmasi.. Tentu saja ini kualami 13 tahun yang lalu.. jika seorang cowok pastinya mulai jatuh cinta. DUAR! Ini jawabannya.. kayaknya otakku lagi puber kedua.. makanya kangen masa lalu (gak nyambung sih kayaknya).

Aku agak berhati-hati dalam memilih coretan ini, sebab aku yakin selain si Zonkie dan si Ceker Ayam, atau si Coco pencipta lagu-lagu Titrasi, juga Jola dan Tere, ada ratusan (belum ribuan) anak Farmasi Sanata Dharma, baik yang sudah lulus, lolos, maupun sedang meregang nyawa dan nasib di sudut Paingan itu yang memiliki blog pribadi. Tapi mbah Google cuma nemu beberapa yang MENARIK pandanganku untuk kuterjemahkan sebagai perintah jemari kanan mengoperasikan si tikus-nya Aspire untuk klik kanan dan open in new tab.. Siapa aja? Ada si Aveline Johannes angkatan 2012 dengan foto-fotonya yang ceria..  ada Hans Gani angkatan 2010 dengan gaya tulisan yang sangat tidak membosankan.. Tambah lagi Maria Dyah Kartika anak ’10 atau ‘11 nampaknya dengan tulisan yang RAPAT HABEES.. sehingga aku tertipu kirain tentang TITRASI ternyata hanya jaga pendaftaran buat rombongan si Aveline doang.. Tapi tetap saja kurekomendasi (jangantanyakenapaya..). Terakhir si Monika yang angkatan 2012 soalnya foto2nya sama dengan Aveline. Kalau nggak satu nama ya.. minimal satu kelompok Goserelin Jempol..

Heuft.. oke deh.. kita mulai saja ya pemirsa tentang bulan-bulan pertamaku di sudut Maguwoharjo tepatnya di Kampus Universitas Sanata Dharma Paingan. Setelah semingguan beraktivitas maka kami pun diwajibkan mengikuti masa orientasi fakultas yang judul acaranya sama dengan salah satu kegiatan rutin di laboratorium. Ya.. TITRASI.. seperti yang kutuliskan di atas. Beragam acara disusun, rentetan aturan diumumkan, dan segala tetek bengek lainnya karena selama tiga hari kami akan berada di luar kampus. Salah satunya sempat kutuliskan mengenai permintaan untuk mengenakan kaos biru donker yang menjadi satu cerita seru karena makhluk bernama Ceprit. Pokoknya serba ribet tapi seru karena didampingi dampok (pendamping kelompok) yang belakangan menjadi ajang cari jodoh untuk angkatan sesudahku hahaha.. Mulai dari nyiapin yel-yel, tanda peserta, tenda, dan remeh temeh lainnya.. Setelah semua siap akhirnya pasukan Farmasi Noceng pun berangkaaaat.. Baca selanjutnya…

Iklan

#17.. Sebuah Kisah Klasik Jadi Waria di Jogja..

Juli 18, 2013 12 komentar

Lepas dari muka bopeng.. ternyata ada kenangan unik lagi di masa awal kuliah. Yaitu.. menjadi WARIA.. Yuup, satu pengalaman seru ini aku dapatkan ketika mengikuti masa ospek kampus yaitu INSADHA (Inisiasi Sanata Dharma) angkatan noceng alias tahun 2000. Saat itu karena masih sakit cacar maka saya ikut gelombang II dimana diadakan tiga gelombang tetapi daripada gelombang III yang pasti koret-koretan.. saya memilih untuk menunda sejenak babtisan saya masuk kampus di tengah-tengahnya.

Menjelang akhir INSADHA, akan ada penampilan tiap fakultas untuk memeriahkan malam inaugurasi alias acara pamungkas. Nah, kabar dari gelombang I, fakultasku FARMASI menampilkan performa band. Lebih cetarnya gitarisnya sempat pasang aksi gigit-gigit senar gitar walau sampai sekarang belum jelas apakah aksi itu pas pentas atau saat nunggu pentas (yang terakhir mah aku juga bisa hehehe..). Waaah.. paniklah anak-anak gelombang II.. Dub dub dub… Baca selanjutnya…

Be a Mr. Clock…

Sebentar lagi akan terdengar raungan sirine  tanda jam makan malam untuk shift 2 di pabrikku. Dan pantat teposku pun masih betah bertahan di kursi ruang kerja padahal sudah ada partner yang siap ‘mendepakku’ sebab waktuku sudah habis. Giliran dia yang jaga karena aku shift pagi.. Sebentar.. waktu habis? Owh.. ya.. aku ingat semalam saat terbangun sebentar karena alarm di HP (sisa setting alarm untuk pertandingan Chelsea vs Benfica). Mata kriyap kriyip.. tetapi melihat HaPe dan jam weker kecil malah ingat dengan MR. CLOCK..

Artis? Atlet? Politikus? Siapa si Mr. Clock? Anak farmasi di kampusku Sanata Dharma angkatan 2000 pasti tahu tentang beliau. Kalau lupa ya aku ingetin.. Namanya Mas Suryono (kalau salah koreksi ya..), dulu pacaran ma mbak Novi kalau gak keliru, punya usaha rental DVD-VCD (aku pelanggan setia termasuk saat heboh kasus Nanda-Ahmed dari Bandung ituh..). Tapi yang jelas beliau adalah mentor saat TITRASI Noceng (ospek fakultasku)..

Kenapa jadi Mr. Clock? Mukanya kayak jam dinding? Baca selanjutnya…

Post Graduated Syndrome..

Februari 9, 2013 Tinggalkan komentar

 Sahabat..pernah dengar istilah Post Power Syndrome (PPS)? Yang secara mudah bisa dikatakan satu kelainan kalau tidak boleh dibilang penyakit yang menghinggapi seseorang pasca berhenti dari pekerjaan atau jabatannya. Bisa karena pensiun atau justru karena diberhentikan dengan hormat atau dengan siap grak eh.. maksudku dengan tidak hormat.  Yang jelas dari semula biasa beraktivitas kemudian tiba-tiba tidak ngapa-ngapain ternyata bisa membuat orang mengalami penurunan ambang emosi, cepet naik pitam tapi gak cepet turun pitam, mudah darah tinggi hingga sampai kejang-kejang atau ayan..dan ah.. lupakan saja ya.. Saya takut sekian dari sahabat justru pakarnya sindrom ini sebab saya cuma corat-coret ngawur..

Tapi saya ingin menulis sindrom lain..namanya Post Graduated Syndrome (PGS) atau sindrom setelah lulus. Ups, lirak-lirik dikit..kedip-kedip dan andaikata sudah ada istilah lain ya maaf.. tapi boleh terus nyoret-nyoret ya.. (secara ini blog saya sendiri hihihi..). Istilah di atas saya dapatkan dari pengalaman dua adik saya yang baru lulus kuliah. Satu adik sepupu, satu adik ketemu gendud (daripada ketemu gede sich). Okay..

Hampir sama kejadiannya, setelah diawali SMS lalu dilanjut telponan sampai kuping panas pulsa nipis. Namun karena lebih dulu bekerja maka saya bisa berkoar-koar dan sambil semangat empat lima memberi wejangan walau di akhir obrolan ternyata hape saya sudah basah kuyup karena ada yang ikut muncrat. Tapi meski entah didengerin atau justru hapenya di loud speaker dan ditinggal pipis..ternyata saya berhasil menemukan formula untuk mereka yang baru lulus dan takut atau galau menghadapi dunia kerja. Mau tahu? Baca selanjutnya…

BE YOUR SELF…

September 16, 2012 4 komentar

Sahabat..  beberapa kali aku tidak bisa mengikuti yang namanya acara reuni. Ketidakbisaanku bukan karena males tetapi kadang berbenturan dengan acara lainnya atau tugas kantor. Kali ini.. selain karena sudah diumumkan jauh-jauh hari, entah kenapa.. aku bersemangat sekali.. Semoga semangatku bertemu dengan semangat kakak-kakik, teman-temin seangkatan, dan adak-adik seperjuangan untuk bertemu di sudut Maguwoharjo, Paingan tercinta.. Curcol dikit boleh ya…

Jujur.. tadinya sempat minder karena belum payu alias sudah tuwir masih jomblo.. belum sukses dan bisa bawa mobil sendiri ke acara nanti.. belum bisa booking hotel mewah atau restoran terkenal untuk mentraktir rekan-rekan yang datang di alumni. Hemh.. belum bisa naek si Garuda untuk terbang ke Jogja. Apalagi ajeb-ajeb di pertigaan Jalan Solo-Godean (baca : HuGo’s Café).. mana kuat dompetku. Belum nanti kalau ditanya adik tingkat atau kakak tingkat atau sejawat seangkatan.. “Nius/Komeng/PK.. kerjo nangendi kowe dhab? Dadi opo? Gajimu piro?” waduuh.. bisa tambah ngumpet nih idung pesekku karena minder dengan mereka yang lebih sukses. Belum lagi balutan busana dan aksesoris yang mungkin hanya bisa kutandingi dengan sebuah cincin emas pemberian nenen eh nenekku karena kutahu dari atas ke bawah tubuhku tiada menempel merk mahal satupun juga.

Beberapa hari sempat kepikiran dengan hal ini.. berangkat-tidak-ikut-absen-dateng-ngumpet-teko-mboten.. berulang-ulang silih berganti berputar di benakku. Kadang tambah mabok karena ditambah persiapan audit-audit di tempat kerjaan atau cicilan asuransi dan kreditan.. Biyuuuung.. Aku mumeeeet.

Syahdan suatu ketika saat pulang.. duduk berdua dengan Pak Boz si dosen SD.. dan panen cerita masa muda beliau yang dihabiskan dengan kerja serabutan untuk menyambung asa dan hidup, masih inget cerita tentang beliau, di sini niih.. Setelah kepulan beberapa batang rokok DP dan dua gelas Moccacino.. Baru kutemukan harus memutuskan apa.. BERANGKAT..

Looh, yakin? Ndak malu? Ndak Minder? Ndak Takut? Jawabku.. NGGAK SAMA SEKALI.. Baca selanjutnya…

Aku Bangga Menjadi Alumni Fakultas Farmasi Sanata Dharma Yogyakarta

Malam mulai bergerak menghabiskan malam mingguku. Kali ini kulewatkan di sudut Cileduk tempat Om tercinta yang sudah menjadi Bapak saya yang kesekian apalagi setelah lantai atas rumahnya seolah menjadi lantai guwe banget.. Dan aku menjadi si anak sulung di keluarga kecilnya. Sebenarnya hampir kututup rapat peristiwa sore ini untuk tidak kucoretkan di blog sederhana ini, tetapi adik tingkat ajaib yang selalu membangkitkan semangat menulis saya kali ini sekali lagi berhasil membuat saya buru-buru menarikan jemari di keyboard Aspire yang makin menua ini lewat tulisannya. Membaca kembali judul coretan ini membuat saa merinding disco.. Sungguh saya bangga menjadi alumnus Farmasi Sanata Dharma Yogyakarta..

Kenapa begitu? Sangat banyak sekali penyebabnya.. Mulai dari dibentuknya grup di jejaring sosial yang dibentuk guna temu alumni akbar di bulan Oktober tahun ini.. Kemudian bagaimana fakultas ini menjalin relasi yang kuat dengan para stake holder untuk menampung lulusan yang siap kerja dan berkualitas.. Lalu berbagai prestasi terbaru yang ditorehkan oleh adik-adik kelas yang selengkapnya bisa disimak di sini.. Heuft, jadi iri bagaimana mereka bisa mengharumkan nama civitas akademiku itu.. Aku dulu belum bisa melakukannya, emang dasar kurang cerdas kali ya.. Tapi bangga juga ketika di tahun 2011 kemarin bisa hadir lagi di sana untuk memberikan Kuliah Tamu “Kemasan Farmasi” buat adik-adik S-1. Setidaknya bisa berbagi karena saya beruntung untuk lebih dulu belajar dan mempraktekannya dalam dunia kerja. Mohon DICATAT.. hanya beruntung karena saya bukan mahasiswa yang cerdas luar biasa jaman dulu.. Apa lagi? Ya tentu bagaimana bisa memberikan tempat PKL plus tempat mondok selama melakukan kegiatan tersebut di satu perusahaan farmasi PMA divisi Consumer Care yang cukup ternama di sudut Cimanggis Depok. Yaaah.. Dari semua itu ada satu kata “KEHANGATAN” yang bisa saya simpulkan sebagai penyebab BANGGA-ku terhadap fakultasku. Baca selanjutnya…