10 Tips Perpanjangan dan Mutasi SIM

Mei 4, 2016 2 komentar

Anda kenal mbah Google? Dewasa ini simbah GOOGLE memang menjadi primadona dalam dunia per-kepo-an alias hal-hal yang ingin kita tahu. Jangankan nama universitas bahkan merk celana dalam favorit artis pun tinggal ketik di kolom pencarian dan tralala.. langsung nongol! Luar biasa bukan? Namun jangan salah.. tidak selamanya tanya ke simbah satu ini akan mempermudah hidup kita. Mau bukti? Sik sebentar nge-teh dulu.. cegluk (biasanya ngopi dulu.. srupuuut, tetapi ternyata sudah jadi ciri khas bang Denny Siregar, minggir deh saya).

Hal ini saya alami saat mau memperpanjang SIM yang sebentar lagi habis masa berlaku seiring pertambahan usia. Dan sesuai dengan KTP baru maka harus mengurus proses mutasi dari Depok ke Serang. Olala.. Bolak Balik.. Aduh Abang Dah Capek Coy #AADC2.

Karena memang tidak paham, maka sembari menunggu akal buntu untuk menghubungi biro jasa (a.k.a. Calo), jemarikupun menari di gadget dan laptop. Tangan kiri di gadget, tangan kanan di laptop, terus split kayak si Bang Jonru. Semuanya berulang ulang melakukan hal yang hampir sama yaitu mengetik kata “mutasi SIM” ditambahi beberapa kata sebagai bumbu penyedap rasa. Otomatis mata pun melihat tulisan demi tulisan, blog demi blog, hingga website resmi-nya POLRI. Dan semuanya menghasilkan kesimpulan yang mengerucut bahwa saya harus ke Depok bikin surat mutasi lalu balik ke Serang lagi dan begitulah. Apesnya lagi pengurusan SIM di kota Belimbing sudah berpindah dari Jalan Margonda ke Pasar Segar yang notabene kalau ngangkot akan naik turun berulang kali.

Sudah lemes aja dengkul saya (untung dah nikah).. Baca selanjutnya…

Iklan

Akoe dan Tiga May Day Terakhir

Mei 3, 2016 4 komentar

Semenjak menggawangi satu paguyuban pekerja berbasis agama, May Day rasanya menjadi akrab bagiku. Ya.. sebagai seorang buruh alias pekerja, tentunya harus turut serta memperingati Hari Buruh Sedunia yang faktanya menghasilkan beberapa hal yang berpihak pada kaum buruh. Apa saja itu? Mulai dari adanya Cuti-Cuti Khusus (misal cuti hamil), Pembatasan Jam Kerja, Upah Minimum, THR, hingga BPJS. Dahsyat bukan?

Tak dipungkiri memang, beberapa aksi May Day ada yang berujung bentrok antara para buruh dengan aparat keamanan. Menurut opini saya hal itu dikarenakan ulah beberapa oknum yang tidak mampu mengontrol emosinya. Namun 1 Mei tetaplah menjadi satu ajang para buruh untuk berkonsolidasi satu sama lain utamanya yang tergabung dalam serikat buruh atau pekerja. Meski belakangan ini mulai bergeser ke aksi-aksi sosial dan simpatik, bahkan mampu mengadakan dialog dengan pemangku kepentingan untuk menyuarakan masukan dan kritik yang sekiranya membangun. Win Win Solution? Harusnya.. Faktanya? Semua tentu punya jawaban masing-masing.. Kalau menurut saya sih belum, masih ada yang pengen menang di beberapa poin diskusi.

Nah.. kalau kami memperingatinya dengan beberapa kegiatan berbeda untuk pekerja Katolik wilayah keuskupan Bogor. Tahun 2014 diperingati di Serang dengan adanya Dialog dengan Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur. Berikutnya di tahun 2015 masih dengan dialog bersama gembala tertinggi di keuskupan Bogor tersebut di Kota Wisata – Cibubur. Nah.. tahun 2016 ini sedikit berbeda, dengan mengadakan Futsal dan Badminton Ceria di Sport Hall Flamengo – Serang. Tujuannya adalah membangun komunikasi internal dengan para pekerja dan calon pekerja (OMK dan KMK) se-Paroki Kristus Raja Serang. Berikutnya adalah menciptakan pekerja yang sehat dan kuat. Selanjutnya? Tentunya agar tercipta konsolidasi internal dan external untuk menjadikan buruh semakin cerdas dalam bekerja. Menempa buruh yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk menghadapi MEA yang sudah mulai terasa dampaknya dengan invasi pekerja asing.

poster may day ppkc

Pertanyaannya sekarang? Sepeduli apa kita sebagai pekerja terhadap pergerakan buruh dan adanya MEA? Jangan-jangan MEA saja kita tidak tahu apa kepanjangannya… Semoga menjadi renungan bersama..

Aku dan Pengusaha Kaos.. Ampuhnya SEDEKAH..

Siang ini berkenalan dengan pengusaha kaos yang tertarik dengan desain kaos ajakan Sholat yang saya posting di medsos. Beliau tak menyangka karena ternyata saya non muslim meski saya akui untuk gambarnya saya mengambil dari internet. Lebih kaget karena profesi saya sebenarnya lebih lekat ke dunia obat daripada dunia seni. Akan tetapi sesaat kemudian saya yang gantian terkaget-kaget dengan cerita perjalanan usaha beliau.. Kenapa?

kaos muslim 3

Baca selanjutnya…

Pesan Untuk Kangmas Ranieri

Februari 16, 2016 2 komentar

Halo sahabat, apa kabar? Sebentar.. saya seruput dulu kopi buatan isteri saya agar tambah lancar ngetiknya. Dijamin aman tanpa sianida meski kalau ada berarti belahan hati saya sudah lelah menghadapi suaminya hahaha.. Mumpung tahun baru monyet api dimulai, siapa tahu saya lebih rajin mengisi blog sederhana ini. Srupuuuut..

Bagi sahabat penggemar sepakbola, pastinya sedang mantengin liga Inggris yang demikian ketat dan penuh kejutan. Apalagi kalau bukan kiprah Leicester City yang memuncaki klasemen sementara setelah mengandaskan tim kaya bertabur bintang Manchester City dengan skor 3-1 . Saya sebenarnya tidak peduli dengan kejutan itu karena bola itu bundar seperti halnya topi saya. Nasib sebuah tim sepakbola ada kalanya di atas juga kadang di bawah tergantung jadwal dari Gusti Allah. Tapi saya tergelitik dengan ucapan pembesut tim kejutan ini setelah berhasil nangkring di urutan satu liga. Beliau, Kangmas Claudio Ranieri, berujar bahwa timnya harus berfikir untuk juara. Weladalah.. beberapa bulan sebelumnya beliau bilang ke The Mirror bahwa tim asuhannya incar target lain bukan untuk memenangkan Liga Primer Inggris. Sampeyan ngincer opo Kang, isuk dele sore tempe? Ngincer mbak “J” buat ngopi bareng? Srupuuuut… Baca selanjutnya…

Belajar dari Shelomitha.. Impossible become I’m Possible

Februari 13, 2016 Tinggalkan komentar

Hari tidak begitu bersahabat kemarin.. Kantong cekak dan cuaca gerimis membuat seisi penghuni FR3 termasuk si Centil tidak bisa kemana-mana di masa prapaskah ini. Alhasil hanya berpindah ruangan demi ruangan serta tentunya mengawasi si ratu kecil kami merajalela. Ya.. si cantik yang kian bertambah pintar ternyata mampu membuatku belajar hal yang luar biasa. Kok bisa?

Awalnya biasa saja, hanya sekedar bermain bertiga di ruang tamu. Sebagaimana kesukaan si kecil, Ia akan berada di depan pintu dan memandang ke arah taman depan. Mungkin mau bilang bahwa rumput FR3 lebih hijau dari rumput tetangga hehehe.. Hingga kami menyadari bahwa si kecil sudah bisa berdiri sendiri di teralis pintu serta mencoba bergerak ke kiri dan kanan. Waw.. amazing.. (ups, gini doang ditulis di blog??).

Tentu tidak.. Mamanya Shelo bereksperimen dengan menempatkan kaos kaki puteri kami di sela teralis dan jaring kawat sehingga terjepit rapat. Turut pula ditempatkan topi kupluknya dan secara tak sengaja tingginya tidak sama. Tanpa dikomando, Shelo berdiri di terali tersebut dan mengambil satu kaos kaki yang bisa diraihnya. Hap! satu didapat dengan tangan kirinya yang mungil. Kami mengawasi dan berjaga di belakangnya agar tidak terjerembab karena memang belum begitu baik keseimbangan anak usia 8 bulan ini.

Kaos kaki dan topi kupluk yang menjadi obyek berikutnya terjepit lebih tinggi sehingga meski berjinjit pun kami yakin anak cantik ini tidak mampu meraihnya. Kami amati dia sejenak terdiam, mengamati satu kaos kaki yang belum terambil. Dan tiba-tiba kaos kaki itu bergerak turun. What?? Ini semacam sulap kang Demian kah? Kami amati lagi dengan seksama.. ternyata Shelo menepukkan jemari kirinya ke arah jaring kawat berulang-ulang sehingga mengendorkan jepitan. Akibatnya kaos kaki menjadi turun dan dengan sigap Shelo menggapainya dengan tangan kanannya.

20160212_145243

Ya Tuhan.. Shelo mengajarkan pada kami bahwa sesuatu yang tidak mungkin bisa diubah menjadi mungkin apabila kita mau melakukan sesuatu hal dengan berpikir sejenak dan melakukan tindakan nyata. Luar biasa.. Tuhan menegur kami yang masih acapkali mengeluh dengan hidup dan berbagai kesulitan yang kami hadapi melalui buah hati kami. Kami bisa.. dan pasti bisa.. hanya perlu berpikir sejenak, mohon petunjukNya dan lakukan.. Sebab tiada yang tak mungkin terselesaikan karena Dia memberikan cobaan sesuai dengan kemampuan umatNya.

Selamat dinihari sahabat.. sudahkah belajar dari keluarga?

Seharian Duel Otak

Januari 15, 2016 Tinggalkan komentar

Haloo.. sepertinya banyak yang KEPO dengan aktivitas saya selepas lengser dari sudut Cikande.. Ini dia updatenya, saya rutin seharian DUEL OTAK! Astaganaga.. yang dibesut FEO Media itu? Tenang.. saya tidak maniak kok, tetapi main juga sih.. meski pengennya bisa dikembangkan agar bisa main lebih dari dua orang dalam satu game, atau kalau bisa dibuat sistem liga atau cup (hitung-hitung ngobatin kangen maen PS di mess pabrik dulu). Yach.. game yang nggemesin.. karena bagi saya lebih dari sekedar menguji kemampuan otak, tetapi juga menghafal, dan keberuntungan. Soalnya lumayan banyak variasi sehingga diperlukan jam terbang untuk piawai memainkannya. Kalau hanya NEWBIE.. ya siap-siap dibantai lawan apalagi kalau pas mode mengundang pemain acak dan ketemu yang super duper jago. Menang kalah itu lumrah.. tapi yang jelas bisa digunakan untuk menyambung tali silaturahmi meski harus berhenti jika sudah melihat pelototan maut isteri..

1452871540256 1452871675189

Namun Duel Otak di atas hanya sekelumit dari kegiatan sehari-hari saya saat ini. Ada duel lainnya yang lebih penting dari game di atas yaitu duel dengan diri sendiri dalam menghadapi detik demi detik di rumah bersama isteri dan si buah hati. Duel pertama adalah duel dengan si kecil Shelo yang susahnya minta ampun untuk lepas dari mamanya. Kadang air mata harus turun karena si mungil enggan main bareng papanya. Namun kebahagiaan sontak datang saat beberapa hari terakhir dia bisa tidur dengan pulas di gendongan saya, diiringi lagu Goyang Shelomita.. tung kintang kintuung..

20160115_091841

Baca selanjutnya…

2016 : Ketika Tidak Bekerja

Januari 3, 2016 4 komentar

Holaaa.. selamat datang 2016.. lembaran baru, semangat baru, tantangan baru. Hemh, setidaknya itulah yang muncul di berbagai media sosial teman-temin. Mau dari twitter, instagram, facebook, dan lainnya. Pokoknya semua yang baik-baik adanya.. karena memang tidak terlihat ada yang berdoa atau berharap tahun ini lebih buruk dari tahun yang lalu kan?? Kalau ada amit amit deh, rasanya perlu mandi kembang tujuh rupa tujuh sumur hahahaha..

Kali ini tahun yang berbeda buat saya, karena biasanya di tahun-tahun sebelumnya jadi kuncen akhir tahun di pabrik. Sekarang saya bisa menikmati perjalanan balik selepas Natalan di Lampung kemudian sebagaimana tahun lalu memimpin mandokhata (kumpul keluarga) bersama mertua tercinta a.k.a. Opung Shelo, juga berikut adik-adik ipar nan cantik jelita dan tentunya mama Shelo beserta si mungil Shelomitha permata hati kami. Abang ipar yang harusnya ambil peran masih melaut nun jauh di sana mengail rupiah tentunya (bawa hepeng yang banyak kalau sandar nanti ya Lae.. hehehe).

Perbedaan lainnya? Kali ini saya sedang OFF alias putus kontrak bin resign dari sudut Cikande. Mau kemana? Hemh.. pertanyaan yang banyak dilayangkan banyak orang kepada kami sekeluarga kecil. Jawabannya hanya senyum manis, sambil menanti akhir Januari kemana dapur keluarga kami ngebul lagi. Biarlah Tuhan yang tuntun arah langkah kaki ini dalam mengais rejeki. Yang jelas saya probadi mau BALAS DENDAM!! Baca selanjutnya…