Beranda > Akoe dan.... > Akoe dan Tiga May Day Terakhir

Akoe dan Tiga May Day Terakhir

Semenjak menggawangi satu paguyuban pekerja berbasis agama, May Day rasanya menjadi akrab bagiku. Ya.. sebagai seorang buruh alias pekerja, tentunya harus turut serta memperingati Hari Buruh Sedunia yang faktanya menghasilkan beberapa hal yang berpihak pada kaum buruh. Apa saja itu? Mulai dari adanya Cuti-Cuti Khusus (misal cuti hamil), Pembatasan Jam Kerja, Upah Minimum, THR, hingga BPJS. Dahsyat bukan?

Tak dipungkiri memang, beberapa aksi May Day ada yang berujung bentrok antara para buruh dengan aparat keamanan. Menurut opini saya hal itu dikarenakan ulah beberapa oknum yang tidak mampu mengontrol emosinya. Namun 1 Mei tetaplah menjadi satu ajang para buruh untuk berkonsolidasi satu sama lain utamanya yang tergabung dalam serikat buruh atau pekerja. Meski belakangan ini mulai bergeser ke aksi-aksi sosial dan simpatik, bahkan mampu mengadakan dialog dengan pemangku kepentingan untuk menyuarakan masukan dan kritik yang sekiranya membangun. Win Win Solution? Harusnya.. Faktanya? Semua tentu punya jawaban masing-masing.. Kalau menurut saya sih belum, masih ada yang pengen menang di beberapa poin diskusi.

Nah.. kalau kami memperingatinya dengan beberapa kegiatan berbeda untuk pekerja Katolik wilayah keuskupan Bogor. Tahun 2014 diperingati di Serang dengan adanya Dialog dengan Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur. Berikutnya di tahun 2015 masih dengan dialog bersama gembala tertinggi di keuskupan Bogor tersebut di Kota Wisata – Cibubur. Nah.. tahun 2016 ini sedikit berbeda, dengan mengadakan Futsal dan Badminton Ceria di Sport Hall Flamengo – Serang. Tujuannya adalah membangun komunikasi internal dengan para pekerja dan calon pekerja (OMK dan KMK) se-Paroki Kristus Raja Serang. Berikutnya adalah menciptakan pekerja yang sehat dan kuat. Selanjutnya? Tentunya agar tercipta konsolidasi internal dan external untuk menjadikan buruh semakin cerdas dalam bekerja. Menempa buruh yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk menghadapi MEA yang sudah mulai terasa dampaknya dengan invasi pekerja asing.

poster may day ppkc

Pertanyaannya sekarang? Sepeduli apa kita sebagai pekerja terhadap pergerakan buruh dan adanya MEA? Jangan-jangan MEA saja kita tidak tahu apa kepanjangannya… Semoga menjadi renungan bersama..

Iklan
  1. Agustina Leonita
    September 12, 2016 pukul 7:49 PM

    Halo, apa bisa minta info jadwal Misa di PPKC? Terima kasih.

    • September 13, 2016 pukul 12:12 PM

      Halo mbak..

      Untuk misa biasanya di Jumat kedua, kawasan modern, jam 11.30-12.30. Untuk lebih lengkap bisa email ke kek.ckd.dianp@gmail.com

      • Agustina Leonita
        September 17, 2016 pukul 7:14 AM

        Terima kasih infonya..

  1. Mei 4, 2016 pukul 6:04 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: