Beranda > Polahku Teranyar.. > Tiga Rahasia di Secret Zoo..

Tiga Rahasia di Secret Zoo..

Sahabat.. belajar memang tak pernah mengenal batasan.. baik itu waktu, jenis kelamin, usia, biaya, dan lain sebagainya termasuk tempatnya. Setidaknya itu kualami setelah minggu lalu setelah tugas dari pabrik untuk studi banding ke pabrik kami di daerah Panda’an (inget si Inul Daratista), kemudian berwisata di Secret Zoo, kawasan Batu-Malang. Yah.. ini termasuk kawasan Jatim Park II yang keberadaannya mulai mencuri minat wisatawan lokal meski ada satu dua wisatawan mancanegara yang tertangkap ekor mataku kala itu. Saat dari hotel Harris menuju TKP, dalam hatiku terus bertanya.. apa yang di-SECRET-kan? Aku mau belajar apa di kebun binatang?

Hari masih pagi sehingga rombongan yang terdiri dari deretan bos-bos pabrik plus aku dan staff HSE dari Sukabumi datang menyatroni si kebun binatang rahasia itu. Harus menunggu hingga jam bezuk eh jam pengunjung diperbolehkan masuk itu lumayan membosankan permisa.. mending pose dulu lah sama para bos.. siapa tahu ketularan sukses.

moga-moga ketularan sukses.. amiiin..

moga-moga ketularan sukses.. amiiin..

Yeah.. akhirnya setelah menghabiskan sebotol minuman energi jualannya temanku dulu, kami pun berdesakan dengan rombongan ABG yang sepertinya berasal dari sekolah lanjutan pertama yang sedang berdarmawisata. Dua bos mulai jeprat-jepret ambil gambar para penghuni Secret Zoo dengan ‘senjata’ nya yang bikin ngiler pengen tapi dompet menangis (hahaha..). Aku tak mau kalah menjepretkan mataku kesana kemari mencari kaum hawa yang cantik.. gak mau kalah dooong..

Secret Pertama..

Rahasia yang pertama kali kutemukan adalah desain dari bangunan Secret Zoo yang unik, memutar dan bertingkat meski tidak melulu dalam satu level lantai atau tempat berpijak yang sama. Perancangnya sangat pandai untuk memaksimalkan ruang yang terbatas meski konsekuensinya ada bau yang menyengat khususnya di bagian primata sebab lokasi kandang berdekatan dan supply udara segar tidak semaksimal Ragunan atau Gembiraloka. Tapi bagaimana desain ini ditemukan? Aaah itu rahasia.. meski agak teringat satu sudut di Ragunan yaitu Schmutzer Primate Center.

Secret Kedua..

Kebun binatang rahasia ini ternyata memiliki arena bermain yang lumayan OK, museum Satwa yang megah, aneka wahana wisata yang dibebankan ke pengunjung dalam tiket masuk sehingga bisa dibilang seperti di Dufan hanya saja plus lihat “saudara tua” alias “madakne rupo” hehehe… Dengan merogoh kocek Rp. 90.000,- maka kita bisa mencoba beberapa wahana di dalamnya meski aku tidak bisa cerita sebab sibuk nggodain cewek-cewek penjaganya hahaha.. Cantik2 gak sih? Aaah… itu rahasia..

Secret Ketiga..

TKP yang satu ini bisa menjadi arena wisata plus edukasi khususnya buat sahabat yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil. Kenapa? Karena ada banyak papan-papan informasi yang dikemas sedemikian rupa sehingga membuat kita tertarik untuk melihat, menyentuh, dan larut dalam interaksi dengan membaca, menebak, tertawa menang atau senyum kecut jika tebakannya salah. Mulai dari urutan binatang terberat di dunia, lidah hewan apa yang terpanjang? ini mata hewan apa? Hingga yang di bawah ini sebagai contohnya..

salah satu rahasia yang kusuka..

salah satu rahasia yang kusuka..

Rahasia ketiga dari secret zoo ini menginspirasiku dalam penerapan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) atau 5S : Seiri(Sort), Seiton(Set) , Seiso(Shine), Seiketsu (Standardization), dan Shitsuke (Sustain) di pabrik tercinta. Bisa buat ajang promosi dan edukasi buat anak-anakku yang rerata masih ABG dan butuh yang unik dan kreatif agar cepat mencerna materi dari semua training atau program yang diterapkan.

Well.. rahasia keempat? Kelima? Haiyaaaah.. berkunjunglah ke Batu-Malang.. dan bagi ceritamu yang lain ya sahabat..

...sejuk segar gratiiis...

…sejuk segar gratiiis…

 

Iklan
  1. Mei 10, 2013 pukul 5:53 PM

    Jadi pengen ney mengunjunginya..
    Ketemu gak ya secret2 yg laen?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: