Beranda > PLUS plus > Semangat Maryati!!.. Kado buat Blog saya..

Semangat Maryati!!.. Kado buat Blog saya..

Mata masih nyalang seperti lihat perawan.. padahal besok masuk pagi, tapi saya tak pernah peduli. Lirik ke samping laptop masih ada beberapa berkas yang harus siap besok pagi dikumpulkan. Ya.. saya siap mati kalau urusan beginian mah.. (baca: siap begadang). Tapi sejenak mengerenyitkan kening saat membaca notifikasi di dashboard blog sederhana saya ini. Happy Anniversary.. 4 years ago..

blog

Hehehe.. saya ingat-ingat kok ya lupa, tapi syukurlah diingatkan oleh wordpress.com yang saya tumpangi ini. Tambahan, saya juga tidak seproduktif blogger lainnya karena dalam satu bulan kadang cuma 3-5 coretan sajaaah. Apalagi kalau ngebaca lagi kebanyakan coretan saya ngawur dan khas seorang perantauan. Empat tahun berlalu dan rasanya blog ini masih sekedarnya saja.. pelampiasan saya untuk berteriak tanpa suara, mengaduh tanpa gaduh, mengeluh tanpa lenguh, dan bercinta tanpa citra..

Eheeem.. kadonya apa ya? Mau minta kado dari blogger lain wong ya bukan seorang blogger yang terkenal hehehe. Saya mau ngado blog saya ini dengaaan.. (celingak celinguk..) ngeliat berkas bin tugas kok ya malah senewen. Ehm.. liat foto.. liat foto.. dan tralala.. dari jutaan koleksi foto yang saya punya.. terpikatlah saya pada si cantik dalam nuansa busana biru ini.. Maryati..

IMG_9108

Ya.. Semangat Maryati.. satu semangat yang pernah aku gembar-gemborkan via jejaring sosial tanpa pernah kutulis di blog ini. Apa itu Semangat Maryati?

Maryati atau akrab dibilang Teh Mamar ini adalah salah satu senior, ibu saya di pabrik, operator wanita di departemen saya yang menguasai banyak mesin, dan seorang prbadi yang tangguh. Bagaimana tidak.. selama puluhan tahun beliau pulang pergi dari Ciomas Bogor ke Cisalak (pabrikku waktu itu) dengan absensi yang luar biasa mantab hingga cuti pun masih sisa di akhir tahun. Miris jika dibandingkan dengan saya yang jarak kost-an dengan pabrik hanya sekedipan mata (lebaaaay..) tetapi absen dan cutinya lebih banyak dibanding beliau. Apa resepnya? Beliau hanya tersenyum dan memang karena pendiam langsung menghindar jika saya tanya hal tersebut atau menjawab singkat “ya karena niatnya kerja mas DP..

Namun akhirnya di saat pensiunnya saya temukan semangat itu.. Setelah beberapa sambutan dan beliau saya paksa untuk berbicara di depan rekan-rekan yang lain, tentunya setelah melontarkan kalimat ajaib penangkal buat semua perubahan jadwal, perintah, larangan, koreksi, pujian, dan arahan saya.. “Aya aya wae mas DP..” terkuaklah misteri itu dari kalimat demi kalimat sambutannya..

“jika kita memang terlahir, ditakdirkan, dan hanya bisa menjadi ikan teri.. maka tidak usah memaksa untuk menjadi ikan paus.. tetapi jadilah teri terbaik, terindah, dan terlezat dari yang lainnya”

Sahabat.. inilah rahasianya.. bagaimana seorang Teh Mamar bisa mengatasi jauhnya jarak rumah ke tempat kerja dengan absensi yang sempurna, menguasai berbagai mesin, dan menjadi yang terbaik di departemen kami saat penilaian tahunan. Beliau mengukur diri dan memaksimalkan potensi yang dipunya. Mengukur diri berarti tidak memaksakan sampai hal-hal yang mustahil dicapai sehingga pikiran tetap tenang, hidup nyaman, dan raga juga tak lekas menua. Memaksimalkan potensi berarti giat belajar, tekun plus ulet, rajin bekerja, dan dikuatkan dengan panjatan doa..

Semangat Maryati.. kado yang pas buat blog saya yang memang hanya laksana ikan teri. Kecil dan kalah sohor dibanding yang lain.. tetapi saya berjanji bahwa meski kelas teri.. akan saya isi dengan coretan ngawur yang memberi arti.. setidaknya bukan copy paste dan tetap orisinil ide kepala saya sendiri. Selamat ulang tahun Coretan si Bocah R@ntau..

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: