Beranda > Akoe dan.... > Akoe dan Gozonk..

Akoe dan Gozonk..

#kalem itu.. adalah membiarkan mata tidak mengantuk meski baru ronda malam (baca : kerja shift 3) di pabrik. Mau tidur susah padahal mata dah merah dan sudah dimeremkan semerem-meremnya…

Jadi inget akan satu janjiku untuk ngereview blog dari satu adek blogger merangkap mantan adek kost di jogja, mantan adek kost semasa aku gawe di Mabeskosmar dan dia PKL di tempat kerjaku yang lama.. mantan teman jalan2 ke tanah pasundan Bandung dengan idiom “neng sabaraha dan mie yasmin manis” dari adek lain yang berhidung besar. Yup dialah si Zonkie a.k.a. Gosonk atawa Alexander Arie Sanata Dharma empunya blog Just A Script dan blog-nya yang lain. Sama2 hobi bola meski beda posisi sebab dia kiper dan aku lebih sering di sisi lapangan.

arie

Nah.. mumpung otak lagi miring wicis akan bisa ngoceh-sengoceh-ngocehnya, mending aku tuangkan untuk ikutan acaranya sebab jika mbahas blog-nya wah bisa berhari-hari deh ngetiknya. Well.. dalam satu kategori Cerita Yang Pendek yang dipajang di blognya tersebut, aku memilih satu cerita yang berjudul… C A N T I K…

Oke Zonkie yang menginspirasiku untuk menjadi blogger.. izinkan aku sedikit membahas karyamu ya.. Ehm.. mulai dari sisi positifnya aja dech. Inti cerita yang menjabarkan pertemuan dua sahabat lama yang berbeda jenis ini sungguh cetar membahana olala.. Bagiku meski apakah ini ide orisinil, pengalaman pribadi, atau njiplak (semoga nggak) tetapi sangat menggoda untuk aku aplikasikan juga hehehe. BRILIAN.. seperti judul lagunya SO7 karena persahabatan itu di atas segalanya dan kadang kita suka ‘bego dan konyol” untuk melakukan suatu hal atas nama persahabatan itu sendiri. Ya ini.. salah satunya ketemuan setelah berpisah untuk beberapa waktu dan dahsyatnya sama-sama “berusaha” antara Cem dan Deta untuk menuju titik tengah di antara bentangan jarak nyata persahabatan mereka. Ups nama terakhir kok ya sama dengan nama sahabatku yang sekarang kerja bareng walau beda nasib dan posisi.

Membaca cerita ini harus dihayati.. menurutku tapi loh.. agar di tengah-tengah bisa berhenti untuk memikirkan “jika aku yang melakukannya.. dengan si…”. Sungguh mulia dan baik hati si Zonkie dalam memberi ruang bagi pembaca cerpennya untuk berimajinasi dan larut dalam lingkaran khayalnya guna mendeskripsikan bagaimana untuk menikmati suatu persahabatan dan membuat sesuatu yang berbeda, layak untuk dikenang, dan bisa jadi cerita untuk anak cucu, apalagi bisa jadian dan nikah (hus.. sensor ih). Nyadar ora kowe bro tentang ini..?

Positif terakhir dari cerpen ini (sebenarnya masih banyak tapi ya biar gak semakin ngawur ah..) adalah sebuah “kerelaan dan pengorbanan” yang membuat suatu persahabatan makin bermakna. Ya.. Deta rela untuk mayoritas berdiri dalam perjalanan menuju meeting point yang disepakati, berkorban untuk bermandi peluh.. sedangkan Cem.. rela untuk diminta ketemu di GBK dan berkorban untuk meninggalkan kebiasaan instan naek sepawat eh pesawat untuk mendaki gunung turuni lembah eh maksudku perjalanan darat ditambah menyeberang Selat Sunda.. Yap, satu persehabatan bisa lebih kuat bila ditopang oleh beberapa unsur yang salah duanya yang aku sebutkan di awal paragraf ini..

Oke deh.. sekarang izinkan aku untuk memberikan dua masukan buatmu ya dek.. Pertama.. sepertinya cerpen ini kamu tulis saat masih newbie-newbinya nyoba buat cerpen. Kenapa? Karena bahasanya masih kacrut dan kaku.. bahkan masih disingkat-singkat.. (ex : “Ya gpplah. Aku juga dari stasiun sini nggak dekat-dekat amat itu GBK.”). Tapi untuk cerpen demi cerpen terakhirmu dah luwes kok.. selamaaaat..

Kedua.. MANA EKSPRESINYAAAA.. Zonk tega amat dirimu deh.. dari Swarnadwipa a.k.a. Andalas dan Jawadwipa ketemuan kok ya gak ada seru-serunya… Tutup mata dari belakang kek.. Deta pukul bahu si Cem sambil pencet hidungnya dan acungin jempol antar keduanya.. bisa juga toss yang super duper keras dan mantap atau… pelukan dan cipika cipiki.. Nah.. kalau sepertinya yang ini kaku.. atau canggung seperti status jejaring sosialmu beberapa waktu lalu.. ada sesuatu antara Cem dan Deta? Semoga masih inget statusmu yang ini..

zonkie

Yes.. hopefully ini bisa jadi kado buat ultahmu besok, sebab kalau kutulis besok.. ntar dikira ada apa2 antara kita.. wekeeeekkk.. OK sukses untukmu, selamat ultahnya besok wae yo..  Matur thankyou..

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. Juni 26, 2013 pukul 9:31 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: