Beranda > Akoe dan.... > Akoe dan Penjual Soto Lamongan

Akoe dan Penjual Soto Lamongan

Hari pertama di bulan Desember ternyata.. tetapia aku masih ingin mencoretkan pengalamanku di hari terakhir bulan November kemarin. Ya.. 30 November 2012 ketika dalam perjalanan pulang ke mess setelah dari kota Serang (berasa di pedalaman banget) perutku tiba-tiba laper lagi. Celigak-celinguk di atas Si Merah Centil dan aku mendapati satu warung khas Lamongan milik mas Agus Gondrong asal Tuban (kubaca dari spanduknya sih..). Duduk sejenak dan dengan logat jawaku yang medok aku pesan soto ayam plus tempe goreng.

Warung nampak sepi dan mas Agus (sotoy.. karena rambutnya gondrong) mulai meracik pesananku sambil rapi-rapi. Aku melirik ke gadgetku dan ternyata hampir jam 11 malam. Iseng aku bertanya kepadanya.. “Weh mas, dah habis to?”. Dia agak kaget dan menjawab “masih ada mas, tapi tinggal soto saja, jadi mau tutup”. Aku mengejar lagi, “lah, biasane tutup jam berapa?”. Sambil menyerahkan orderanku dia menyahut, “jam 11 mas, habis ndak habis ya jam sebelas malam tutup”. Sambil bersiap memakan apa yang kuminta, aku masih sempat komentar “walah mas, kalau masih banyak ya rugi dong??”.

Sahabat.. tahu apa jawaban mas Agus atas komentarku? Dia tersenyum kecil seraya menjawab bahwa dia jauh-jauh dari Tuban ke Serang itu untuk mencari nafkah juga mengadu nasib. Masih ada hari-hari ke depan yang harus dia jalani dan butuh istirahat cukup. Warung ini dia buka berdua dengan temannya mulai jam empat sore hingga sebelas malam. Rutin.. dan selalu.. Aku agak mengerenyitkan kening jika harus membantu menghitung laba dan omzet warung ini. Tetapi lantas membelalakkan mata dan hampir tersedak saat di obrolan berikutnya ternyata si mas ini paginya bekerja di tukang meubel dari jam delapan pagi sampai jam dua siang. Oalaaaah… pantesan mas, harus banyak istirahat sampean.. masih bujang pula, kapan pacarannya.. hehehe..

Sahabat.. ternyata masih banyak pekerja keras nan cerdas di negeri ini.. tetap berpikir rasional walau ingin menangguk banyak rupiah..

Iklan
  1. Desember 4, 2012 pukul 11:33 AM

    “masih bujang, kapan pacarannya”

    Yak mantap…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: