Beranda > Coretan Singkat > Bulan Maria… Gua Maria..

Bulan Maria… Gua Maria..

Sudah hari keempat di Oktober 2012 ini.. Bagi umat Katolik sepertiku ini disebut Bulan Maria.. Selain bulan ini masih ada lagi bulan Mei dalam penanggalan Masehi yang juga menjadi Bulan Maria. Kenapa? bisa dicari jawabnya di beberapa website misalnya di sini atau di sini.. Tentunya apa yang harus dilakukan pun dapat ditelusuri di website tersebut.

Bagiku.. bulan Mei dan Oktober sangat berarti utamanya saat masa kuliah karena berbagai Gua Maria sempat kukunjungi untuk berdoa dan (maaf) mengenalkan tempat ziarah agamaku kepada pacarku yang non Katolik. Tidak perlu dibahas lagi untuk alasan kedua sebab aku hanya ingin jujur dalam setiap coretanku. Alasan pertama? jelas.. di tempat ziarah seperti Gua Maria (yang kebanyakan diyakini sebagai tempat dimana Bunda Maria menampakkan diri) umumnya terdapat beberapa rangkaian acara pada hari-hari tertentu misal Sabtu malam Minggu (sedikit jawaban untuk alasan kedua). Entah itu doa bersama, retret rohani, hingga misa kudus yang tentunya sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah sulit berdoa (wong tinggal ngikut doang).

Hemh.. coba kuhitung lagi berapa Gua Maria yang pernah kudatangi.. Pertama tentu Gua Maria Padang Bulan di Pringsewu, Tanggamus Lampung. Lalu Gua Maria Lourdes Sendang Sono, Gua Maria Tritis Gunung Kidul, Gua Maria Sendang Rosario Ngijorejo Wonosari, Gua Maria Sendang Jatiningsih Sumberagung, dan Gua Maria Lawangsih Nanggulan yang kesemuanya di Yogya. Selanjutnya Gua Maria Sendang Sriningsih Prambanan, Gua Maria Marganingsih Klaten, Gua Maria Kerep Ambarawa, dan Gua Maria Sendang Ratu Kenya Wonogiri yang berlokasi di Jawa Tengah. Deretan berikutnya adalah Gua Maria Lourdes Puh Sarang Kediri dan Gua Maria Kaliori di Purwokerto. Untuk daerah Jakarta-Bogor, ada Gua Maria Lembah Carmel Cipanas, Gua Maria Kanada Rangkasbitung, dan Gua Maria Fatima di Bekasi. Total ada 15 Gua Maria dari hampir 100 yang ada di Indonesia.

Belum seberapa memang jumlah Gua Maria yang kusambangi. Tetapi dari situlah timbul semangat untuk bisa mengumpulkan rejeki guna mengunjungi Gua Maria lainnya di penjuru negeri. Namun terpenting tentunya bagaimana memaknainya sebagai bagian dari perjalanan rohani bukan semata ambisi duniawi. Nah sahabat.. Gua Maria yang mana yang akan kau kunjungi Oktober ini? Selamat merayakan Bulan Maria bagi sahabat Kristiani..

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: