Beranda > Menikmati Pekerjaan Ala DP > CEKATAN GITU..

CEKATAN GITU..

Satu coretan menjelang berakhirnya aktivitas hari ini kudedikasikan buat sahabat yang sering bekerja dalam team. Sering kali suatu team dinilai GAGAL dalam menyelesaikan tugas atau masalah yang timbul karena kurangnya trik dalam kerja bareng tersebut. Well.. ada satu pengalaman yang mungkin kiranya bisa kubagi dalam bekerja team, semoga bisa membantu.. Bila kurang berkenan? Senyum boleh.. marah jangan.. tambahi saja deh..

Karena pernah dibilang masternya akronim (master kelas RT), maka aku bagikan pengalamanku dalam dua kata.. CEKATAN GITU..

CEpat.. haruslah cepat tanggap dengan situasi kerja dan team. Fakta yang kualami, suatu team bisa moody juga loh.. jadi mutlak diperlukan kepekaan, respek, dan empati kita saat bekerja di dalamnya.  Selain itu cepat juga selesaikan porsi kerja yang sudah dibagikan tanpa menunda. Jika kerja sendiri, menunda berarti menggali kubur sendiri, tapi kalau banyak orang? Bakalan capek dong.. karena kuburnya lebih besar hehehe.

Koreksi.. lakukan perbaikan jika menemukan kesalahan bahkan potensi kesalahan. Misal ada anggota team yang bermalas ria, berkeras pendapat padahal salah, atau jika ada keputusan team yang dirasa menuju ke arah yang tidak benar. Tapi memang yang paling penting adalah koreksi diri sendiri dulu apakah sudah menjadi anggota team yang baik ya..

Aktif.. Jelaslah.. sebagai bagian dari team harus aktif dalam mencari info atau mencari dan mengusulkan ide-ide yang berguna bagi kepentingan team. Nggak aktif? Siap siap dinonaktifkan deh..

TANgguh.. Menjadi seseorang dalam kumpulan orang mesti tangguh dan tegar hati. Ada kalanya ide kita tidak diterima, bahkan diperolok bukan? Yakinkan diri bahwa kita bisa melewati masa-masa yang tidak mengenakkan tersebut hingga suatu titik bahwa anggota team lain menyadari kita adalah bagian team yang bisa diandalkan.

baGI.. banyak yang bisa kita bagikan dalam perjalanan sebuah team, misalnya tenaga, informasi, pikiran, atau bahkan uang untuk sekedar gorengan saat meeting (kalau lagi tebel dompet loooh..)

TUlis.. semua kegiatan dalam team dan lakukan apa yang tertulis dalam role play team tersebut. Tujuannya jelas, sebagai manusia biasa tentu tak bisa lepas dari yang namanya LUPA dan SALAH. Dengan menulis semua yang kita lakukan, bisa mempermudah untuk evaluasi kerja kita dan team demi perkembangan team kita tersebut.

Yup.. kiranya itu penjabaran dari CEKATAN GITU.. semoga ada yang bisa menambahkan dan siapa tahu bisa jadi CEKATAN GITU CEMUNGUDH EA TEAM… Selamat malam sahabat…

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: