Beranda > PLUS plus > Hidup Itu Indah.. Jika…

Hidup Itu Indah.. Jika…

Larut malam di mess pabrik masih sibuk utak atik hape dan melihat beberapa status Be-Be-eM-ku beberapa hari kemarin. Hampir semuanya mengungkapkan tentang bagaimana hidup itu akan indah.. Mulai dari hidup indah bila mencari berkah yang terinspirasi dari lagunya Wali Band yang badai habis.. judulnya Cari Berkah and dalem maknanya. Bayangkan di satu bait terdendang “o jadi miskin gak mungkin gak mungkin.. Allah yang jamin..”. Intinya jika dalam kehidupan kita mampu mengutamakan pencarian berkah atau pahala dengan membantu sesama, peduli, dan meringankan beban yang lainnya. Status berikutnya mencuplik lagu Salam Bagi Sahabat-nya Glenn Fredly.. hidupmu indah bila kau tahu jalan mana yang benar.. Kalau ini sih pasti lah.. Gak usah didebat lagi. Lanjut ke status terakhir adalah hidup indah kalau kita bisa qona’ah.. Satu kata dari bahasa Arab yang berarti menerima apa adanya. Memang masih banyak perdebatan tentang kata ini karena di satu sisi bisa menjerumuskan orang untuk bermalasan dan lekas berpuas diri. Namun di sisi lain, aku melihat ada aspek ketidakserakahan dan bila dikaitkan dengan hati maka akan membawa satu permenungan mengenai bagaimana seseorang tidak disibukkan dengan perasaan dan sikap iri, dengki, culas, curang, dan hal buruk lainnya ketika melihat kehidupan orang lain di sekitarnya.

Ah sudahlah.. bagaimana kalau dalam coretan kali ini kutuangkan pendapatku tentang hidup INDAH dengan cara menjadikannya sebuah akronim? Semoga berkenan ya.. sebab hidup INDAH ya hanya dari unsur abjad pembentuk kata tersebut..

I : Iman yang kuat

Hidup akan indah bila kita memiliki iman kuat. Bayangkan bagaimana indahnya jika kita bisa memindahkan gunung dengan iman sebesar biji sesawi? Wow.. maaf itu hanya terjemahan ngawur dari kitab suciku. Iman yang kuat akan membawa hidup ke tahap PERCAYA bahwa semua yang kita alami adalah rencana pencipta kita. Karena Dia menyayangi kita, maka setiap detik hidup yang kita alami pasti bermuara kepada hal terbaik untuk kita. Nah, kalau sudah begini, walaupun gajian telat dan lemburan sedikit, tapi hidup akan indah.. karena kita akan belajar berhemat dalam kondisi kanker alias kantong kering. Hemat pangkal kaya kan?

N: Niat yang selalu tulus

Bayangkan jika dalam hidup kita selalu dalam niat yang tidak baik.. pasti sepanjang hembusan nafas kita hanya tersita untuk mensuplai oksigen ke otak guna berpikir yang jelek pula. Tendang sana, tendang sini, ancam kanan, tikam kiri, gantung sana, pancung sini, aaah.. sangat berbeda jika niat kita tulus dan apa adanya bukan ada apanya. Niat tulus memberikan keindahan hidup karena akan selalu terberkati  oleh-Nya (cocok sama lagu Cari Berkah nih..). Meskipun tanggapan orang berbeda tetapi karena niat kita tulus ya tetap saja tidak ada kecewa atau sesal di akhirnya.

D: Doa yang baik

Maksud baik di sini bukan berarti doanya yang baik-baik (walau gak boleh juga mendoakan yang jelek-jelek). Akan tetapi bertumpu pada cara dan sikap kita dalam berdoa : bukan hanya ngadu, ngeluh, apalagi maksa ke Tuhan si pengabul doa. Bukan pula NGIBUL alias bohong saat berdoa, laaah.. bohong aja dosa apalagi kalau doanya bohongan.. Waaah muke gile.. jaminan dicubit Tuhan pastinya. Sikap doa yang baik bisa menghasilkan keindahan karena laksana terapi bagi hidup kita. Mau tahu bagaimana doa bisa menjadi terapi.. langsung klik aja di sini deh.

A: Amal yang banyak

Amal? Harus kaya dong? Eits gak juga kok.. banyak cara beramal yang gak perlu pakai uang. Mulai dari nolongin tetangga yang gentengnya bocor, nyebrangin nini-nini atau aki-aki di jalan, nolongin adiknya temen yang lagi ngerjain PR (apalagi kalau temennya cakep.. hehehe. Ups!!  jadi gak tulus nih..). Pendek kata dengan amal yang banyak kita akan dapat banyak pahala, sahabat, dan keluarga. Jadi inget dengan satu status tentang hidup indah yang belum kuungkap di awal coretan ini yaitu hidup indah saat di tengah keluarga.Tidak hanya keluarga kandung karena pada faktanya kita bisa saling angkat saudara dan dalam beberapa kondisi justru interaksinya jauh lebih indah dari saudara kandung sekalipun.

H: Hanya Tuhan sebagai pegangan dan yang paling ditakuti..

Terakhir menurutku hidup akan indah jika kita memasrahkan diri kepada Tuhan untuk menguasai hidup kita. Membiarkannya bekerja dan selalu takut akan ajaran-nya, jadi.. jangan takut dengan dosen dan setan ya.. karena dengan berpegang kepada Tuhan, seperti dilantunkan Glenn di lagunya, kita akan ditunjukkan jalan yang benar. Kalau jalan kita sudah benar.. kenapa harus takut dengan orang, setan, kemiskinan, kegelapan, dan hal lainnya. Takutlah akan Dia, sang Pencipta dan Mahakuasa.

Gimana sahabat? Ternyata hidup indah tidak semua bergelimangkan materi yang melimpah bukan? Maka jangan heran jika suatu ketika menemukan keluarga petani sederhana yang hidup rukun bahagia dengan keluarganya, bapak dan anak yang makan dengan lahap sebungkus nasi tempe penyet dan kerupuk  setelah seharian memulung sampah, atau pengemis buta yang duduk penuh senyum di samping istrinya yang memijat bahu rentanya. Sungguh.. seperti bait lagu Wali.. Banyak harta ngapain (ngapain) Kalo gak berkah pikirin (pikirin) Oh punya harta gak mungkin (gak mungkin) dibawa mati.

Sahabat.. Hidup itu Indah.. jika kita bisa menghargainya dan berucap Alhamdulilah..

saat hidup itu indah..foetsalholic

Iklan
  1. OM Bram
    September 5, 2012 pukul 12:17 AM

    Qonaah yang berarti menerima apa adanya “itu betul ada sedikit perdebatan, biasanya pendebatnya dari kalangan orang kaya yang tidak memiliki sifat tolong, mereka dengan enaknya bahwa seseorang yang menerima apa adanya itu tidak pernah mau berusaha, mestinya kita banyak belajar dari oranng-orang yang memiliki sifat qonaah karena biasanya mereka tidak memiliki sifat iri, dengki, culas, males dan sifat-fifat buruk lainnya yang sudah mas DP paparkan” itu sungguh SUPER SEKALI………………!!

    Thanks banget tuh artikelnya, AYO……..bikin lagi mas……itu sangat membantu sekali buat teman-teman yang lagi galau….yang lagi bingung dengan lagunya Aarmada .”Mau dibawa kemanakah…….”

    • September 5, 2012 pukul 12:58 AM

      Amiin mas Edi.. Selalu terselip doa agar lagu Armada itu dijawab dengan lagunya Project Pop.. “Ingatlah hari ini..”.
      Kenapa? karena hari ini takkan terulang di hari yang lain.. Karena kita harus menikmati dan mensyukuri tiap detik hari ini, sehingga “mau dibawa kemanapun..” kita tetap siap karena aku sudah “punya” hari ini. Hari esok, tetaplah menjadi misteri yang harus dilalui.. Susah, senang, ra urusan.. Tuhan yang atur, nggih mboten mas..

  2. Maret 20, 2013 pukul 10:40 AM

    Suka juga dengan lagu ini. salam kenal 🙂

    • Maret 20, 2013 pukul 12:19 PM

      terima kasih kunjungannya.. lagu di coretan saya selanjutnya dari Anggun juga OK. Salam kenal.. saya kunjung balik ya..

  1. September 16, 2012 pukul 5:27 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: