Beranda > Menikmati Pekerjaan Ala DP > 69 Tips Jika Laporan Harus Ready Dalam Sehari…

69 Tips Jika Laporan Harus Ready Dalam Sehari…

Sahabat.. Dalam dunia kerja, setiap kemungkinan terburuk pasti ada. Bahkan dalam batas di  luar wajar, semua masih mungkin. Ambil contoh dimana kita dituntut untuk capai target penjualan dengan waktu yang benar-benar singkat, mempersiapkan acara dadakan penyambutan atasan baru, membuat presentasi untuk training bawahan kita yang melakukan kesalahan, atau mempersiapkan laporan untuk pertemuan rutin bulanan yang tiba-tiba dipercepat. Siapapun itu, bai seorang atasan atau bawahan pasti dihadapkan pada kondisi situasional yang mengharuskan untuk berpikir tepat dan cerdas serta bergerak cepat dalam penyelesaiannya. Apalagi jika harus selesai dalam sehari atau semalam, waoooww.. perlu konsentrasi ekstra tuuch. Tapi kerja adalah kerja, sesuatu yang menuntut hasil akhir dan berujung ke satu titik penilaian dari partner atau atasan kita. Jadi.. mau ngedumel sampai teler pun gak ada gunanya.. Tetep harus kita laksanakan..

Takut? Halaah.. Gak usah dech.. Ingat, segalak-galaknya atasan kita, pasti dia sudah mengukur kemampuan kita sehingga dia memberikan tugas tersebut. Lain soal jika memiliki atasan yang banyak gaya atau diktator membabi buta.. Wah itu sih alamat sial bro.. Mending banyak doa, ikhlas dan tawakal tentunya. Kembali untuk kasus laporan sehari yang situasinya masih kondusif (baca : atasan mengetahui kapasitas kita), aku ada 69 tips untuk menyelesaikannya. Mau tahu??

Pertama : Siapkan Amunisi yang diperlukan.

Amunisi yang kumaksud adalah peralatan kerja seperti laptop dan flash disk, raw data yang akan kita olah, cemilan dan minuman yang pasti akan kita perlukan, dan ada yang paling penting yaitu BERDOA sebelum semuanya kita lakukan.

Kedua : Siapkan Skema Kerjamu

Kebanyakan orang bekerja serabutan tanpa pola dalam situasi ini karena panik dan hanya berharap semua cepat selesai. Padahal, hasilnya pasti akan kurang memuaskan. Lebih baik kita awali dengan membuat skema kerja plus target waktu penyelesaian per tahapan atau bagian yang kita hadapi. Dalam game balapan mobil biasanya dikenal istilah check point bukan? Tak lupa selipkan waktu jeda alias isi bensin atau sekedar rileks.

Ketiga : Hilangkan Semua Kontaminan dan Godaan

Pengganggu atau penggoda yang mungkin ada dalam situasi ini hanya berupa hal-hal kecil yang akan  membuat kita sibuk sendiri dan mengorbankan waktu yang tersedia untuknya. Contohnya nyamuk-nyamuk yang berkeliaran di ruangan kita, situs internet yang secara bersamaan kita buka saat kerja, pakaian yang tidak sesuai, dan sebagainya. Buatlah kita nyaman untuk bekerja dengan ruangan dan situasi yang bersih, rapi, tenang, dan wangi kalau perlu. Caranya gampang lah.. anak kecil juga tahu.. Masak iya mau kerja di tengah malam pakai celana pendek doang??

Keempat : Pertahankan Speed…

Untuk yang satu ini, buat target pribadi untuk merangsang speed kerjamu. Kenapa? dalam rentang waktu tentu konsentrasi dan stamina kita akan berkurang oleh kerjaan kita. Misalnya tidak akan minum sebelum satu paragraf selesai, tidak akan merokok sebelum satu tabel kelar, atau tidak akan ngemil kalau lima halaman belum dirangkum. Nach.. pastinya hal ini akan menjadi pemicumu untuk bekerja dalam kecepatan yang konstan.

Kelima : Asahlah Gergajimu.. Berhentilah di Titik Tertentu..

Saat bekerja, dirimulah senjata atau alatnya. Adalah wajib hukumnya untuk berhenti sejenak sekedar mendengarkan musik atau menggerakkan badan setelah lama duduk tegang berhadapan dengan berkas-berkas atau laptop. Ibarat gergaji, harus diasah bro.. karena mata gergaji yang tumpul akan menghasilkan bilah kayu yang kasar dan perlu waktu lama untuk menyelesaikan satu bilahan. Dalam bekerja, otak juga butuh refresh tentunya, agar tidak jenuh, dan siap untuk melanjutkan kerja yang tertunda.. dengan kecepatan dan fokus yang terjaga tentunya.

Keenam : Periksa Kembali dan Paripurnakan..

Tentu.. aku tahu bahwa untuk kerjaan tipe ini biasanya selesai di injury time atau penghujung waktumu (kayak judul lagunya Ungu dan Sheila on 7). Tapi koreksi tetap harus ada sebelum diserahkan ke empunya tugas. Jangan sampai hasil amburadul kamu serahkan atau pura-pura sakit jika tidak selesai. Paripurnakan dengan doa syukur atas waktu dan pendampinganNya dalam pengerjaan tugas kali ini. Plus… siapkan pula alasan yang masuk akal atau kesanggupan untuk melanjutkan jika sampai batas waktunya kerjaan belum juga rampung.

Nach.. enam tips di atas telah aku bagikan.. Seperti coretan tips sebelumnya, ada sembilan kondisi yang wajib ada untuk melaksanakan tips ini yaitu : sehat; atasan juga sehat; raw data lengkap; punya sarana untuk menyelesaikan laporan; tidak mati lampu; sesuai dengan bidang kerjamu; tidak ada pekerjaan lain yang dihadapi; mengerti hasil akhir yang dituju; dan biasa begadang hehehe… Semoga tips ini membantumu.. (Efek beberapa kali dapat kondisi yang sama dan Puji Tuhan bisa kuselesaikan).. Tetap Semangat Pagi sahabat..

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: