Beranda > Pelajaran Hidoepku > Jangan Pernah Takut Akan Gelap..

Jangan Pernah Takut Akan Gelap..

Ngos-ngosan lagi malem ini, tapi yang ini beda.. Setelah malam selasa kemarin megap-megap karena futsal, malam ini terasa lelah karena tepok bulu alias badminton. Tapi puas banget.. palagi dari tiga pertandingan berhasil menang dua kali. Ruasannyyyaaa.. maknyuss.. tidur pasti nyenyak nich. Tapi dugaanku meleset.. saat masuk kamar, rapi-rapi sebentar eh mataku terpikat dengan si hitam Aspire yang ada di meja kamar kostku. Belum lepas eh karena jelalatan tiba-tiba aku malah pengen sejenak bermain dengan gitar yang teronggok manis di sudut kamar yang sama. Sambil beringsut menahan bau asem tubuhku, aku pun mulai meletakkan jemariku di deretan senar gitar itu.

Jreeeng.. lagu apa nich? Rasa Yang Tertinggal? Walah bisa diledek papanya Ibie nanti.. ehm apa ya?? Tanpa kusadari tiba-tiba jemari ini memainkan intro dari lagu lawasnya Duta dan Eross feat Tasya.. Jangan Takut Gelap.. Akh.. lirih kupetik gitar dan perlahan mulai mengalun untaian nada dari alat musik itu..

Hai kawan jangan takut, jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku kan s’lalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur bers’limut mimpi

Tertawa sejenak untuk bait ini.. sebab kalau lampu kamar ini dimatikan pasti aku sendirian di kamar, tanpa teman. Hemh.. bisa diusir Ibu kost nanti.. apalagi kalau lawan jenis. Bisa jadi aku sudah tertidur ditonton televisi. Tapi paling tidak aku memaknai bait ini dengan sebuah kata yaitu ‘kasih’. Yup.. kasih seorang sahabat yang mau mengantar si teman tertidur dengan dendangan lagu..

Jangan lupa esok kita punya janji
S’makin cepat kita tidur
S’makin cepat kita bertemu kembali

Pada bait ini kita seperti diingatkan untuk menghargai suatu janji. Paling tidak dengan cepat tidur, maka kita bisa bangun lebih awal untuk menepati janji kita tersebut. Coba kalau begadang? Bisa-bisa janji tidak ditepati karena ngantuk atau malah ketiduran. Jika ditilik lebih dalam lagi, ada harapan tersimpan dalam kalimat terakhir bait ini. Kalau boleh jujur.. seberapa bisa kita menghargai janji? Dan sebesar apa usaha kita untuk menepati janji kita? Jangan bilang bahwa dirimu mengabaikan janji dengan mudahnya.. Ingat sahabat, ada pepatah yang mengatakan janji adalah hutang. Jika hutang tak dibayar? Hukuman ganda sepertinya.. dari yang kita beri janji dan dari sang Khalik yang tak pernah ingkar janji.

Berdoalah sebelum kita tidur
Jangan lupa cuci kaki tanganmu
Jangan lupa doakan mama papa kita

Eross cukup jeli untuk menyelipkan pesannya dalam bait ini. Pesan yang tak hanya ditjukan untuk usia sebaya Tasya.. tetapi juga kita yang ’katanya’ sudah dewasa (kalau tak mau dibilang tua sich.) Berdoa sebelum tidur bagiku sendiri sangat jarang kulakukan. Biasanya dengan kejamnya akan kutinggalkan waktu terjagaku dengan cueknya. Apalagi mendoakan papa mama alias bapak ibu kita.. Padahal setiap hembusan nafas sampai detik mengetik coretan ini harusnya kusyukuri.. apalagi kasih sayang orang tua yang demikian sabar memahami kebengalanku. Dan ungkapan syukur itu? Ya hanya dengan doa pastinya kan? Eross juga pintar memasukkan pesan kesehatan untuk cuci kaki tanganmu. Dalam arti sebenarnya tentu perilaku ini salah satu upaya menjaga kesehatan sehingga tidur kita tak berteman dengan kotoran atau bakteri. Alhasil bangun tidur pun terasa segar? Hehehe.. sudahkan anda rajin melakukan hal ini sebelum tidur? Lebih dalam, jika dikaitkan dengan penguasa negara kita yang akhir-akhir ini sering dilempari kritik, mencuci kaki tangan berarti membersihkan staf-stafnya dari perilaku tercela yang tidak mencerminkan jabatannya sebagai wakil rakyat dan pemangku amanat. Wah terlalu berat bahasan ini.. males ah.. Tapi salut untuk bang Eross dech..

Jangan takut akan gelap
Kar’na gelap melindungi diri kita dari kelelahan

Bait ini adalah inti dari lagu ini, dan sesuatu yang paling kumaknai malam ini. Kenapa takut akan gelap ? Mungkin selama ini kita takut karena dalam gelap kita tidak akan bisa melihat atau minimal kesulitan untuk mengenali objek di sekeliling kita. Padahal saat itu pupil kita akan melebar semaksimal mungkin.. Nah ini yang menarik buatku. Kenapa harus memaksa untuk membuka pupil selebar-lebarnya ? sobek loh ntar hehehe.. maksudku, gunakan saja sumber cahaya untuk membantu kita saat gelap misal senter, lilin, nyala korek, dan lain lain sehingga mata kita terbantu untuk mengenali sekitar kita.

Bait terakhir lagu ini (tanpa kembali ke reffrein tentunya) sebenarnya mengajak kita untuk lebih menghargai hidup kita. Gelap dalam kalimat pertama yang diartikan sebagai malam adalah saat dimana kita beristirahat dari segala aktivitas agar besok bisa siap untuk aktivitas yang lainnya. Gelap yang bisa diartikan sebagai saat tenang adalah waktu yang dianugerahkan Tuhan untuk berpikir ulang mengenai segala polah kita, mengevaluasi kegagalan kita, mencari jawab dari cermin diri kita atas segala tanya mengenai permasalahan hidup, atau bisa dimanfaatkan untuk sejenak berkontemplasi untuk menjernihkan hati dan benak yang galau. Kalimat berikutnya memberikan ‘pencerahan’ bahwa kita sperlu melindungi diri kita dari kelelahan. Lelah karena rutinitas sehari-hari, lelah akan penatnya beban hidup, lelah akan hidup yang kita rasa selalu tidak mujur dan tidak berguna, lelah akan semua yang melingkupi diri kita. Jika dengan lelah kita paksakan untuk menjalani langkah hidup selanjutnya, percayalah bahwa sirimu akan terhenti sahabat.. Terantuk, jatuh, dan akhirnya terkapar dengan sejuta sesal dan tanya. Baiknya kita mengukur diri kita kapan untuk beristirahat dari lelah tersebut dan menyerahkan semuanya pada sang Khalik untuk bekerja sebab hanya Dialah yang tak pernah tidur sepanjang waktu, menjaga dengan mata teduhNya, semua umatnya termasuk kita. Nach.. sekarang.. mari kita nikmati gelap, untuk menghilangkan lelah kita.. Ssst.. jangan lupa cuci kaki tangan (kalau aku sih mandi..) dan berdoa untuk orang tua, keluarga, famili dan sesama kita, serta untukmu sendiri. Jangan mau kalah dengan Tasya, Duta, dan Eross loh… Tak usah takut dengan gelap sahabat..

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: