Beranda > Akoe dan.... > Akoe dan Cerminku sore ini..

Akoe dan Cerminku sore ini..

Hemh.. weekend yang menyenangkan (betul-betul relax maksudku..). Tanpa terasa sore segera menjelang.. Yap! Waktunya mandi sore nich trus cari makan dan melewati malam mingguku tanpa seseorang yang special (nasibjomblo.com). Berhubung anak kost dan kebetulan kamar mandi dalam, dengan santainya tinggal tutup pintu dan pastikan korden tertutup rapat.. huplaaa.. setengah bugil dech. Entah kenapa isengku menyergap, dengan santainya aku ngaca depan cermin yang nangkring di salah satu sisi ruang kamarku.. Hemh aku mulai kurus dan jerawat mulai bermunculan beberapa minggu terakhir, menjajah wajahku yang biasanya mulus tanpa penghias wajah yang kusebutkan tadi.. Hemh mandi dulu akh..

Kelar mandi yang cuma beberapa menit (mandi bebek nich kayakna).. Aku coba lagi melihat rupaku di cermin. Akh.. gak ada bedanya, coba mandi lebih lama tadi.. barangkali tambah ganteng ya?? (n.g.i.m.p.i.. kata jin dalam salah satu iklan rokok). Tapi sebentar.. setelah kutatap berapa lama, kok cermin itu tiba-tiba berubah??

Ada beberapa kalimat yang tiba-tiba muncul di cermin itu.. Berubah-ubah.. dan seolah menanyaiku. Padahal menurut cerita-cerita silat jaman Mak Lampir, biasanya manusia yang akan bertanya pada cermin bukan?? Dasar iseng lagi kumat, aku seperti gila menjawab beberapa pertanyaan yang melintas di cermin itu..

Cermin : ‘Apa kabar bro..?’

Akoe    : ’ Baek bro.. sangat baik.. mang kenapa?’

Cermin : ’ Agak kurusan kelihatannya?, stress bro?’

Akoe    : ‘ Sok tahu.. aku malah lagi nyaman-nyamannya kok..’

Cermin : ‘ OK dech bro.. moga harimu menyenangkan..’

Plup! Tulisan itu menghilang.. akh!! Gak seru nich.. Seenaknya aja mutusin pembicaraan.. (kadar gila mulai meningkat). Aku pun berpikir cepat untuk ngerjain si cermin.. Akupun mulai bertanya dan kuharap ada jawaban tertulis di situ.. dan ternyata ada!! Hahay.. sore yang ajaib buatku, aku share dikit ya..

Cermin.. kapan aku sukses?

Agak lama menunggu, jawabanpun mulai muncul di cermin demikian.. Kenapa bro? Sukses dalam hal apa? Bukannya sekarang kamu dah sukses, menjadi diri sendiri, tetap punya prinsip dalam kehidupanmu, dan berani mengambil risiko plus bertanggung jawab atas setiap kata dan pilihan hidupmu. Masih kurang? Mau lebih berduit? Hidup lebih nyaman? Dikelilingi banyak wanita? Akh bro.. gak penting itu.. Hidup di dunia cuma sementara, lebih lama lagi hidup di akhirat. Pernah mikirin akhiratmu dengan seksama belum? Aku lihat kamu jarang berdoa.. sebelum makan, sebelum tidur, sebelum kerja.. kamu dah jadi SLONONG BOY!! Gimana Tuhanmu mau kasih rejeki yang banyak kalau kamu jauh dari diriNya, Dia cuma sejauh doa bukan? Emang mau rejekimu dilemparin karena kamu jauh dari tempatNya berada? Dekatin aja bro.. lebih nyaman nerima dengan disentuh tanganNya yang lembut, dan rejeki itu utuh kamu terima, gak jatuh kemana-mana karena dilempar ma Dia, ntar diambilin orang loh.. Kapan coba terakhir kali kamu beramal? Sama fakir miskin dan orang-orang yang kurang beruntung di sekitarmu. Sepertinya kamu mulai mendongak! Dan gak liat ke bawah.. awas kesandung atau jatuh ke lobang bro.. dan karena slonong boy alias gak sopan, maka kali aja Tuhanmu juga enggan ngasih yang terbaik untukmu, jangan-jangan lupa nanti ente bilang terima kasih ma Dia..

Wah gila!! Cermin ini begitu cepat dan luwesnya menampilkan tulisan jawaban atas pertanyaanku. Dugh!! Aku tertohok dan pelan-pelan air mata mengalir di wajahku. Semua jawabannya tepat dan memang sedang kualami. Pelan aku berucap lagi bertanya padanya..

Lantas, sukses untukku seperti apa?

Dalam sekejap, cerminku mulai dihiasi beberapa kalimat jawaban.. Masih nanya bro? Sukses itu relatif dan subyektif.. Orang lain boleh menilai seseorang sukses atau tidak, itu hak mereka. Tetapi justru kamu sendiri yang harusnya bisa menilai dirimu sukses atau tidak karena kamu yang merasakan dan mengalami. Coba kamu tengok dan ingat orang-orang di sekelilingmu, ada kan yang kamu nilai sukses karena kaya, rumah megah, kerjaan nyantai dan nyaman, dikenal banyak orang dan sebagainya.. Tapi.. hidupnya kosong, setiap hari hanya uang yang dikejar, jarang beribadah, rajin beramal tapi diomong-omongin, berantem dengan keluarganya, dan banyak lagi.. Bahkan mereka juga sering meratapi kekayaannya dan berani melepaskannya asal hidupnya bahagia. Itu yang kamu nilai sukses? Aku kasih tips nich bro.. Menurutku kamu tuch sukses kalau kamu bisa BERSYUKUR dalam hidupmu.. Dalam susah senang, tawa tangis, dan semua liku hidupmu. Kamu dianugerahi akal, budi, dan rasa untuk berpikir dan mengukur suksesmu sendiri. Ingat! setiap manusia punya keterbatasan dan kamu harus tahu sampai dimana batasmu. Sesekali, puaslah dalam hidupmu, jangan berusaha lebih daripada pusing sendiri. Contohnya.. kalau emang gak bakat gocek bola, ya jangan maksain untuk latihan tiap hari, sekedar bisa aja bro.. mending ngasah bakat lainmu misal menulis atau menyanyi.. Nach, pernah kamu bersyukur atas semua bakatmu? Atas kepergianmu ke luar negeri? Atas banyaknya sahabat di sekililingmu? Atas orang tua dan adik yang luar biasa untukmu? Atau atas nafas yang masih kamu hirup detik ini? Catet bro.. menurutku, SUKSES itu adalah saat kamu bisa BERSYUKUR atas semua hidupmu.

Degh! Rasanya lidahku kelu dengan deretan jawaban di atas. Rasanya itu BENAR SEMUA. Yach.. sukses itu memang hanya kita yang merasakan, kenapa harus mengejar penilaian orang lain kalau akhirnya hanya menghasilkan pusing yang luar biasa atau ketidakbahagiaan di hidup kita? Akupun menanyakan satu pertanyaan lagi kepada cerminku.

Satu lagi.. bagaimana agar aku sukses?

Cermin itu lama sekali memberikan jawaban. Atau mataku yang mulai capek memperhatikannya? Hupft! Lima menit menunggu akhirnya mulai tertulis lagi di cermin, deretan kata jawabannya.. Sorry bro, aku tadi lagi nerima telpon (WHAAAATTT!!). Masih nanya juga bro? Kan dah aku bilang intinya bersyukur? Mulailah melakukannya di setiap detik hidupmu, selagi masih panjang usiamu. Tapi ingat, bukan hanya bersyukur saja.. tapi imbangi dengan berdoa dan berusaha.. Apa coba yang mau kamu syukuri kalau kamu tidak melakukan sesuatu? Aku tahu setiap hari, pasti ada masalah yang menghampirimu, selesaikanlah dan ucap syukur atas semua hasilnya. Mau berhasil kek, mau gagal kek, mau harus mengulang kek, tetap syukuri itu. Sebab itu hasil dari usahamu bukan? Atau jangan-jangan kamu hanya mengambil keuntungan dari kerjaan orang lain? Jangan bro.. Tuhan hanya akan memberi upah atas kerjamu sendiri, bukan atas cara curang yang kamu lakukan. Jujurlah.. dan kamu akan mujur. Lupain aja idiom lama bahwa jujur akan hancur.. OK Bro.. Udah ya!! Jangan nanya lagi, langsung aja lakuin. Apalagi kalau nanya kapan kamu ganteng, wah susah jawabnya bro.. aku takut PECAH!! Jadi inget buruk muka cermin dibelah, hehehe.. Bubye..

Plup!! Tulisan demi tulisan makin menghilang berbanding terbalik dengan air mata yang makin banyak mengalir di wajahku. Aku MENANGIS!! Kali ini kusyukuri tangis itu sebagai peringatan akan lahirnya diriku yang akan mensyukuri setiap liku hidupku. Dan aku mulai mengerti bahwa sesungguhnya aku dapat jawaban dari kata hatiku.. bukan cermin itu. Mana ada cermin bisa kasih jawaban atas semua tanya? Tuhan aku bersyukur atas kata hati yang masih bisa berpikir jernih, walau kemarin-kemarin aku jarang mendengarkan dan bertanya padanya.

Selamat malam minggu sahabat, sudahkah kamu bersyukur? Maaf jika coretanku terlalu panjang..

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: