Beranda > PLUS plus > Detail yang terlupa…

Detail yang terlupa…

Sore yang sempurna.. dengan secangkir kopi dan cemilan kecilku. Sayang dirusak oleh suara nyamuk yang mulai menyerbu kolong mejaku secara sporadis..

“ngiiiing… ngiiing…”  dan membuatku meraih obat nyamuk semprot untuk mengusirnya

“nyamuk berbunyi ngiiiiing.. karena minum darah.. Coba kalau minum bensin.. bunyinya brummmmmm”

Sedikit tidak beruntung memang lokasi kamar kosku yang sudah 4 tahun kutempati ini. Tepat di belakang kamar ada sungai kecil yang mengalir dan karena ulah oknum masyarakat seputaran Depok yang nakal, kadang aku juga sich, banyak sampah yang mengotorinya dan membuat aliran tak lancar (kecuali saat hujan deras) dan menjadi sarang terbaik untuk nyamuk di siang hari. Malam harinya, mulailah invasi mereka ke kamarku dan kamar-kamar lain di MabeskosmaR (Markas Besar Kos Maryam) tercinta ini..

Nyamuk mulai KO, dan mataku bebas jelalatan ke seputaran ruang kamar tuk melihat “hasil pertempuranku”. Tak sengaja tatapanku tertumbuk pada poster besar di atas tempat tidur yang bergambar klub futsalku Bay FC. Yach.. aku langsung terngiang ucapan temanku tadi pagi, selepas main futsal di pabrik.

“Bos, tu kenapa harus ada nama klubnya sich? Jelek-jelekin aja, bagusan polos”

Yupz.. dari sederet pemain termasuk diriku yang berseragam Bay FC, memang ada beberapa yang belum punya seragam dan memakai kaos futsal lain. Dan di antara mereka, satu orang memakai seragam salah satu klub bola ibukota. Hemh.. lama kupandang dan akhirnya aku menyadari ada yang terlupa saat aku mencetak gambar itu. Harusnya ku edit dulu agar terkesan lebih manis dan tak ada nama lain selain Bay FC di situ. Seperti biasa, pikiranku terlontar menembus eternit bahkan atap kamar kos untuk melayang mencari rangkaian kata guna aplikasikan hal ini dalam hidupku. Secangkir kopi pun turut menjadi katalis untuk mempercepat reaksi otakku.

Sahabat.. coba kalau dulu aku jeli dan teliti, pastinya aku tidak menyesal bukan? Walau sedikit menyesal tapi jujur ku akui akan lebih baik jika aku edit dengan sempurna foto tersebut.

Sahabat.. kadang ada detail yang “terlupa” dari setiap ide, aktivitas, dan berujung pada hasil polah atau kerja kita. Ada missing thing bahkan missing link dari semua itu. Pernahkah kamu mengalaminya?

Dalam kehidupan kita, detail yang terlupa ini banyak sekali contohnya, misal membasuh sela-sela jari saat mencuci tangan, bagian tubuh yang lupa dihanduki setelah mandi, atau pojok kamar yang tidak tersentuh lap saat kita mengepel kamar, bahkan sikat gigi yang ketinggalan saat mau bepergian dan berencana menginap.

Itulah detail yang terlupa dari hidup kita, yang secara manusiawi pasti terjadi dan kita alami. Tapi.. adakah cara untuk meminimalkannya kok… Mau tahu?

Gunakan saja DETAIL..

Daftar, Evaluasi, TAnya, dan ILangin ..

Daftar semua hal yang kamu rancang atau mau kamu lakukan dengan cermat. Dengan membuat list kecil, akan membantu mengurangi beban memori otak kita untuk mengingat hal-hal yang kita persiapkan.

Evaluasi semua kejadian ‚terlupa’ yang pernah kita alami, dan tulis kalau perlu untuk jaga-jaga agar kita tidak ulangi lagi. Cara ini merupakan review dan rangkuman praktis untuk tidak jatuh dalam kesalahan yang sama kan?

Tanya pada beberapa kawan, rekan kerja, keluarga, atau pada mesin pencari di internet jika akan mengerjakan sesuatu. Dengan demikian akan ada beberapa masukan yang membantumu untuk memperoleh hasil yang sempurna atau hampir sempurna, sesuai yang kamu inginkan.

Ilangin beberapa hal yang membuat kamu “melupakan” sesuatu tersebut. Misal sifat buru-buru, suka menunda hingga last minute, tidak serius dalam persiapan kerja, kurang cermat dan teliti, dan hal-hal buruk lainnya.  Jika hal-hal tersebut bisa dieliminir, maka konsentrasimu akan selalu stabil, dan setiap ide serta pekerjaanmu akan beroleh hasil sempurna.

Nach.. sahabat.. Sudahkah kamu menerapkan DETAIL untuk mengatasi detail yang terlupa di kehidupanmu?

Iklan
Kategori:PLUS plus Tag:,
  1. na2
    Januari 16, 2011 pukul 8:08 PM

    yup setujuuu..thx bwt saranny mas.. ^_^

    • bocahrantau
      Januari 18, 2011 pukul 12:45 AM

      THANKS ya Na.. pakabar Ponti? moga aku gak lupa untuk bawa dvd yang bagus kalau ke sana lagi coz kemaren semua rekaman rusaaaakk

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: