Beranda > Mengenang Masa Silam > Malu dijewer? Maka janjilah.. dan buktikanlah..

Malu dijewer? Maka janjilah.. dan buktikanlah..

Ada kisah indah di masa putih abu-abuku.. Yeach.. tradisi saat selesai bagi raport. Moga aza temen-temen alumni MABESKOSTA membaca coretan ini

Karena anak kost.. maka biasanya Bapak Kost tercinta atau Ibu kost kami akan datang mewakili orang tua untuk mengambilkan raport. Berdua akan keliling dari kelas ke kelas.. Duduk manis di depan bapak/ibu wali kelas.. Santun mendengarkan segala arahan untuk anak asuhnya (baca: anak kost yang diambilkan raportnya). Kami pun berdiri di depan kelas kami masing-masing udah kayak patung Bali..

Melihat ekspresi Bapak Ibu sungguh luar biasa.. Kadang kening berkerut.. kadang mata terbelalak karena kaget.. atau senyum mengembang karena anak asuhnya membanggakan..

(Tahun-tahun berikutnya Bapak Ibu akan ngambil raport dari yang nilainya jelek.. mungkin biar pulangnya gak ngedumel hehehehe)

Setelah selesai.. Bapak Ibu akan keluar.. mengusap rambut kami.. cium pipi kanan kiri.. atau menepuk pundak dengan rasa bangga.. apapun hasilnya.. Bergegas pulang dengan segala canda itu yang kami lakukan.. Dan.. tradisi itu pun dimulai..

Para cowok akan dapat daftar belanja ke pasar dan berbelanja dengan Ibu.. Cewek cewek dapat tugas bersihin rumah dan mempersiapkan ruang makan untuk disulap jadi ruang pertemuan keluarga.. Yang lainnya membantu si mbok memasak cemilan dan makan malam istimewa..

Sore hari akan jadi saat seru karena cowok-cowok sudah start maen kartu dimana yang kalah harus minum air putih segelas (jadi inget mas Rudy kembung karena kebanyakan..) Ceweknya pada kemana? Upz.. masih di dapur tuch keringetan..

Akhirnya malam menjelang.. dan tradisi diawali..

Kami duduk bersila (ada yang sila manis.. ada yang sila malu.. atau pencak sila..) Raport ditumpuk.. jemari Bapak Ibu dilemaskan.. Dipanggilah kami satu per satu.. mulai dari yang paling muda..  diperiksa dan dibacakan nilai jelek dan bagusnya..

Dan… setiap nilai jelek hadiahnya.. 

DIJEWER!!!! TELINGA KANAN KIRI…

Cowok dengan bapak.. cewek oleh ibu..

Lalu dipersilakan berjanji dan menetapkan targetnya.. (nilai dibawah 7 atau 8 akan dianggap jelek..) Malu dijewer? Pastinya.. tapi yang penting niat tuk berubah dan menepati targetnya dengan belajar.. dan belajar… Agar catur wulan berikutnya tidak dijewer. Penutup tradisi itu adalah petuah dari Pak Danny.. wejangan Bapak Ibu.. dan nyanyi serta makan sepuasnya..

Sungguh.. MABESKOSTA salah satu kawah candradimuka untuk ku jadi seperti ini..

I love u full…

Kupersembahkan coretan ini untuk wajah-wajah dan pribadi yang kusayangi di MABESKOSTA..

Pak Agus, Bu Yuni, Mbak Nana, Mas Buyung, Mas Rudy, Mbak Eko, Om Tono, Tia, Adit, Mbah Kung, swargi Mbah Uti, Mbok Mis (inget abu rokok saat marut kelapa)

1996 : Budi Enceq, Biyuti, Siska

1997 : Hendri, Rini (SMEA), Agus Kancil, Heni, Elyhot Lubis, Agus Caplang, Batak (walau bentaran)

1998 : Revo Givta, Yohanes Aprillianto, Florensia Arista, Novi Sasanti, Cornelius  Hotman, Eko Purwanto (STM), Nuraini, Agatha Ririn

1999 : David Rudy, Yusuf Gesang Kapipi, Yuliana Meitarini, Dwi Manis (yang tak cium pas bobo), Dony Prasetyo, Hendrikus Widhi, Arie Nugroho, Ernesto, Dwi Gendut, Bonaventura Febriantono, Aisyiah Almasih, Surahyo (STM), Fitriyanti (SMEA)

2000 : Wisnu, Brindil, Ayus, Eni (SMP), Anselmus Aka Prasetya

2001 : Lukas Cahyadi Krist, Agus Sucipto, Alfonsus Hilman,

2002 : ayo dilanjutkan.. tambahi pula yang namanya kurang

Kenangan kost ini : banyak ketua OSIS dan pengurus Xavese inside.. jin mata satu, lihat tuyul di gelas, lihat setan di piring, nggotong orang ke kamar mandi, ngambil pakaian yang lagi beol, siul kalau abis kentut, jalan-jalan ke kebun, pantai, atawa renang bareng, maen kartu pake minuman, siul kalau kartunya udah ceki (judi?), semangat belajar kalau mati lampu, sepakbola yang kalau taruhan selalu kalah, ultah diceburin ke kolam, tinju2an di garasi, sesi kanuragan dengan Merpati Suci, sesi karate dengan Mas Hendri, sesi seni dengan Pak Danny, dan lain-lain…

elyhot, akoe, iphie (3 generasi)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. Januari 13, 2013 pukul 7:59 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: