Beranda > Coretan Singkat > Arti sebuah Kemerdekaan.. bagi diri kita pribadi..

Arti sebuah Kemerdekaan.. bagi diri kita pribadi..

“Tujuh belas Agustus tahun empat lima..

Itulah hari kemerdekaan kita..

Hari merdeka nusa dan bangsa..

Hari lahirnya bangsa Indonesia.. Mer..de..ka..“

Sayup-sayup kudengar lagu mars perjuangan itu di radio yang ternyata aku nyalakan di bawah alam sadarku (maklum insomnia sejati..). Tapi kapan aku menghidupkannya ya..?? Hust.. jadi merinding bulu kuduk awak.. Well.. 64 tahun yang lalu tanah air tercintaku ini merdeka.. Lepas dari belenggu penjajahan bangsa lain utamanya Belanda dan sekutunya serta Jepang si saudara tua.

Lepas dari pengeksploitasian segala sumber daya di negeri ini..  ya alamnya… ya manusianya.. ( kerja rodi, romusha, jugun ianfu) hingga kering kerontang bangsaku ini. Walau ada politik balas budi sebagai ganti rugi, tetap saja tak mampu menghapus sejarah kelam yang mencoreng wajah ibu pertiwi. Mungkin kalau ganti untung akan lebih manusiawi ya…

hik3x.. lebih tua dari akyu and Dentha...

hik3x.. lebih tua dari akyu and Dentha…

Aku jadi ingat kata Pak Ito (masih inget siapa ni?) saat kuminta mengecat  motor Yamaha V 80  si BMW atawa Bebek Merah Warnanya. Jawabannya dari aku SMP sampai sekarang selalu sama ´besok mas.. nunggu Indonesia merdeka´. Hweeeeh.. katanya dah merdeka dari kapan tau kan bos..

Tapi betul juga, apakah negeri ini sudah sebetulnya merdeka? Secara mudah, merdeka berarti bebas. Jadi bebas to untuk ngecat motor yang warnanya semakin memudar? Upz.. tentu tidak, Pak Ito (sekarang di blog ini populer dengan nama Pak Boz) harus punya uang untuk beli cat, uang itu diperoleh dari gajinya mengajar dan sepetak tanah keluarga yang kami garap, tapi uang itu pun ngos-ngosan diputar untuk mencukupi keperluan dapur (harga sembako naik terus) dan juga biaya pendidikan kami anak-anaknya, bayar Pajak Bumi dan Bangunan, listrik, air bersih, dan iuran tetek bengek (maaf agak porno… ituan bisa kok bengek). Jadi betul juga beliau.. tidak mengecat motor karena belum merdeka (baca: bebas) untuk membeli cat motor karena kebutuhan lain yang lebih penting..

Berat juga membahas arti kemerdekaan negeri zamrud khatulistiwa ini..Aku hanya meloncatkan pikirku ke satu titik yaitu memerdekakan diri sendiri. What? Menjadi pribadi yang merdeka bro? gimana bisa….

Bisa saja, hanya butuh permenungan terlebih dahulu, rancangan niat, dan aplikasinya (walau aku juga belum bisa melakukan sepenuhnya). Ada banyak cara untuk memerdekakan diri.. beberapa di antaranya adalah :

1. selalu mengikuti kata hati, jadi nantinya jangan kerja di sebuah institusi?

2. mampu berdikari sehingga tidak tergantung bantuan orang lain, jadi harus kaya?

3. memiliki kemampuan evaluasi diri sehingga setiap langkah bisa selalu berarti..

Itu cuma coretanku bro.. uff kok buntu lagi ya otakku, tar aku nyalain dulu sebatang rokok DPku.. Wussss (kotorilah paru2ku wahai asap jahanam)…. Byar.. ada lagi dech idenya. Tuch kan.. aku sendiri masih belum merdeka dari rokok DP…

Untuk mencapai 3 point di paragraf sebelumnya itu.. kita harus bekerja keras dan pantang menyerah. Bekerja terus.. terus.. dan terus.. dan..Stop!!! Di satu titik kita berhenti dulu untuk evaluasi hasil kerja kita, refreshing, dan merancang untuk bekerja lagi..

´Ibarat tukang kayu.. suatu ketika harus berhenti untuk mengasah gergaji.. agar pulih tenaganya dan gergaji tajam lagi sehingga dapat lebih bekerja optimal lagi. Jika tidak.. semakin lama hasil kerja akan menurun kualitas dan kuantitasnya jika dibandingkan  dengan waktu yang sama saat awal bekerja..´

Jadi sementara arti kemerdekaan versiku adalah saat dimana kita bisa menata diri sendiri untuk selalu lebih baik dari hari ke hari tanpa merasa terbelenggu oleh aturan-aturan yang melingkupi. Tinggal bagaimana kita menyelaraskan polah kita dengan aturan tersebut sehingga langkah kita terhenti hanya karena melanggar prostitusi eh konstitusi…

Coretanku:

Kemerdekaan pribadi adalah saat diri tidak terbelenggu untuk berusaha lebih baik dari hari ke hari (pesan sponsor: kanker, serangan jantung, impotensi, serta gangguan kehamilan dan janin dapat mengganggu aktivitas merokok).

TN_psd5HTN_psd5B

TN_psd5G

Iklan
Kategori:Coretan Singkat
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: